Jumat, 11 Mei 2012


Tips Mengatasi Kendala Belajar Bahasa Inggris

Suatu ketika saya pernah mengeluh di sebuah forum belajar bahasa Inggris tentang kesulitan saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Saya mengeluh kenapa setelah belajar hampir sembilan tahun sejak masih di bangku SMP saya masih belum bisa berbicara dalam bahasa Inggris dan sulit sekali mengingat kosakata, padahal saya sudah belajar lama sekali.

Setelah beberapa hari saya login lagi ke forum tempat saya curhat, bukannya nasehat yang saya dapat malah lebih dari 20 orang dalam forum tersebut juga mengeluarkan unek-unek yang sama. Ternyata banyak juga yang sudah belajar bahasa Inggris dalam jangka waktu yang lama tapi belum juga maksimal. Hal ini membuat saya berpikir apakah ada yang salah dengan cara belajar kita?


Setelah beberapa lama berpikir, saya jadi sadar apakah benar saya sudah belajar bahasa Inggris selama sembilan tahun sejak di bangku SMP? Apakah benar hari-hari dan waktu luang untuk belajar ?

Ternyata di sekolah saya hanya mendapat pelajaran bahasa Inggris maksimal dua kali seminggu, satu kali pertemuan hanya satu jam. Jadi dalam satu bulan saya hanya punya delapan jam untuk belajar bahasa Inggris. Lalu apakah delapan jam itu saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya?

Tentu saja tidak, saya merasa telah menyia-nyiakan waktu tersebut. Ketika guru menjelaskan saya tidak menyimak dengan baik dan ketika guru bertanya apakah ada yang tidak dimengerti? Saya hanya diam dan kadang pura-pura sudah mengerti. Lalu dirumah saya sama sekali tidak memanfaatkan waktu luang saya untuk belajar bahasa Inggris. Saya jarang bahkan tidak pernah membaca buku bahasa Inggris. Mungkin hanya belajar kalau ada PR.

Kesimpulannya, saya menggunakan nol jam dari sembilan tahun tersebut untuk belajar bahasa Inggris. Lalu kenapa saya mengeluh tidak bisa bahasa Inggris sedangkan saya tidak pernah belajar ? Dasar gendeng...

Tips mengatasi kendala belajar bahasa Inggris hanya dengan belajar lebih semangat, tidak ada yang lain. Maksimalkan waktu yang anda miliki untuk belajar. Jika anda menggunakan dua sampai tiga jam setiap harinya untuk belajar serius. Saya jamin anda dapat belajar bahasa Inggris dalam setahun.

Ini berlaku untuk semua orang, khusunya bagi yang masih pelajar, saran saya belajarlah setiap hari ,minimal membaca buku, harus ada waktu yang diluangkan untuk belajar.

Sebenarnya tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanya orang yang tidak mau belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar