Minggu, 22 April 2012


PENCEMARAN
Sesuai dengan Undang-undang Nomor 23/1997 yang dimaksud dengan Pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan berkelanjutan.

Definisi yang panjang ini dapat di sederhanakan dengan melihat adanya tiga unsur dalam masalah pencemaran yaitu sumber perubahan akibat kegiatan manusia atau proses alam, bentuk perubahannya adalah berubahnya konsentrasi suatu bahan dalam lingkungan dan merosotnya fungsi lingkungan untuk menunjang kehidupan.

Merosotnya kualitas lingkungan juga tidak akan menjadi perhatian besar jika tidak terkait dengan kebutuhan hidup manusia sendiri sehingga bahasan tentang pencemaran dan konsep penanggulangannya lebih mengarah kepada upaya mengenai bentuk kegiatan manusia yang menjadi sumber pencemaran.

Pencemaran sering pula diklasifikasikan dalam bermacam-macam bentuk pola pengelompokannya. Pengelompokan menurut jenis bahan pencemar menghasilkan pencemaran biologis, kimiawi, fisik dan budaya. Pengelompokan menurut medium lingkungannya dapat menghasilkan pencemaran udara, air, tanah, makanan dan sosial sedangkan pengelompokan menurut sifat sumber bisa menghasilkan pencemaran primer dan pencemaran sekunder.

Salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan adalah mengatur beban pencemaran dari sumbernya baik sumber pencemaran udara, air maupun limbah padat sehingga informasi tentang besarnya beban pencemaran dari setiap sumber amat berguna dalam upaya pengelolaan lingkungan tersebut.
Masalah pencemaran merupakan suatu masalah yang sangat populer, banyak dibahas oleh kalangan masyarakat di seluruh permukaan bumi kita ini. Masalah pencemaran merupakan suatu masalah yang sangat perlu mendapat penanganan secara serius oleh semua pihak untuk dapat menanggulangi akibat buruk yang terjadi karena pencemaran, bahkan sedapat mungkin untuk dapat mencegah jangan sampai terjadi pencemaran lingkungan.
Apa itu Limbah ?
·         Limbah adalah sisa dari suatu usaha atau kegiatan (UU PLH No.32/2009)
·         Limbah dihasilkan dari suatu proses transformasi dari bahan menjadi produk

Adapun beberapa jenis limbah :
·         Limbah Cair adalah sisa dari proses usaha dan atau kegiatan yang berwujud cair
·         Limbah Padat adalah sisa atau hasil samping dari suatu usaha dan atau kegiatan yang berwujud padat termasuk sampah
·         limbah Gas adalah semua limbah yang berbentuk gas atau berada dalam fase gas, contoh : karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NOx), dan sulfur oksida (SOx)




Beberapa contoh Limbah Cair yang mencemari lingkungan :

 Pasuruan, zonaberita.com

Warga Dusun Bharowo, Guyangan dan Mloko, Desa Kedungringin, Kecamatan Beji diresahkan limbah cair yang diduga berasal dari PT Sorini Towa Berlian Corporindo (PT STBC).
Pasalnya, limbah yang mengalir ke sungai desa setempat menimbulkan bau tak sedap dan mencemari sumur warga.
Akibat limbah itu, air sungai yang biasa dibuat warga mencuci pakaian juga tidak bisa lagi digunakan karena warna air yang sudah keruh dan menimbulkan bau menyengat.


 Warta Kota/Murtopo

Bekasi, Warta Kota
Sejumlah industri yang beroperasi Kota Bekasi masih bermasalah dalam hal pengelolaan limbah cair. Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi mencatat sekitar 60 persen industri membuang limbah cair yang melampaui ambang baku mutu.
sedikitnya lima parameter untuk mengukur tingkat pencemaran akibat buangan limbah cair beragam industri tersebut. Beberapa parameter yang dominan di antaranya angka oksigen terlarut (dissolved oxygen/DO), angka kebutuhan oksigen biologis (biological oxygen demand/BOD), angka kebutuhan oksigen kimiawi (chemical oxygen demand/COD), dan asam sulfat (H2SO4)


barakbanten.com
Sungai Ciujung yang terletak di serak banten ini, masih menjadi tempat favorit untuk mencuci pakaian dan mandi, padahal sungai ini menjadi tempat pengelolaan limbah cair yang dibuang langsung dari PT Indah kiat.



Kompasiana.com
Kondisi semua sungai Propinsi DKI Jakarta sangat memprihatinkan, berair hitam pekat atau warna-warni lain, ditimbun sampah plasitik, kaleng, organik dan jenis sampah rumah tangga lainnya, serta dialiri limbah cair dari berbagai industri yang di antaranya tergolong bahan berbahaya beracun (B3).

Jambi, BATAKPOS 

Ratusan petani keramba ikan nila dan emas di Danau Sipin Kota Jambi yang terancam terkena limbah cair dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi. Ini mengakibatkan petani keramba ikan mengalami kerugian besar karena semua tempat tambak tersebut sudah tercemar limbah cair dari rumah sakit.
Beberapa contoh Limbah Padat yang mencemari lingkungan :

DenpasarSENTANAONLINE.com. 
Salah satu pantai favorit bagi para turis dari mancanegara yang ingin menikmati indahnya pemandangan pantai di Bali, menjadi tempat yang tak layak untuk dikunjungi karena banyak sampah yang berserakan dipinggir pantai yang mengakibatkan seluruh pantai Kuta ini menjadi kotor. Menyikapi persoalan sampah dan limbah yang ternyata sudah akut menimpa kawasan lingkungan pantai yang ada di Bali, Kepala Badan Lingkungan Hidup Bali Anak Agung Alit Sastrawan mengungkapkan kalau sampah-sampah tersebut berasal dari hotel-hotel yang berada di sekitar pantai, "Sampah yang mencemari pantai di antaranya berasal dari hotel-hotel di sekitar pantai," ungkap nya di kantor Gubernur Bali di Renon, Denpasar.     Sastrawan menyebutkan, berdasar data di BPH Bali, produksi sampah yang tidak terkontrol mencapai 15.000 meter kubik. Sampah-sampah tersebut, berasal dari hulu sungai hingga ke hilir yang bermuara di laut.  

Depok-Cakrawala Online, Diwilayah Kota Depok sekurang nya ada lima sungai  tercemar oleh berbagai limbah. Seprti, Sungai Cabang Tengah, Sungai Cisalak Pasar, Sungai Cipinang, Sungai Kali Baru Satu, dan Sungai Kali Baru Dua. Tingkat pencemaran paling tinggi terjadi pada sungai yang lokasinya berada didekat pasar. “kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Rahmat Subagio, kepada wartawan Rabu (27/4/2011).
Menurut Rahmat, pencemaran sungai sudah melebihi ambang batas. Penyebabnya, masyarakat di sepanjang aliran sungai sering kali membuang limbah keluarga kedalam sungai. Akibatnya, air sungai tidak dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti: mencuci pakaian dan mandi. Untuk mengatasi permasalah tersebut, tutur Rahmat, pihaknya juga sudah membangun  Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di sungai yang padat penduduknya seperti daerah Cimanggis.


 huffingtonpost.com
Citarum sungai paling tercemar di dunia, begitu gelar terbaru yang diberikan oleh salah satu situs online terbesar di Amerika Serikat, huffingtonpost.com. Sungai Citarum yang terletak di Bandung, Indonesia ini ditasbihkan sebagai salah satu dari sembilan tempat paling tercemar di dunia.
Situs huffingtonpost.com, 31 Agustus kemarin, memasukan Citarum sebagai satu dari sembilan tempat paling tercemar polusi buatan manusia di seluruh dunia. Delapan tempat lainnya adalah Kota Los Angeles, Kota Linfen di China, Delta Niger di Nigeria, London, Kota Dzerzhinsk di Rusia, Kota Phoenix di AS, Kota La Oroya di Peru, dan Danau Karachay di Rusia.
Pemberian gelar tempat paling tercemar di seluruh dunia, termasuk sungai citarum, oleh situs asal Amerika tersebut memang tidak menyebutkan kriteria atau tolok ukur penilaian. Pengelola situs hanya menyatakan, “Saat populasi dunia melonjak hampir 7 miliar, kami diHuffPost Green memutuskan untuk melakukan sebuah tur virtual ke beberapa tempat di dunia yang paling tercemar.”








mediaBlog-spot.com
Limbah padat berupa sampah anorganik. Jenis sampah ini tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme (non-biodegradable), yang mengakibatkan merusak ekosistem tanah.


mozambik.com
Maputo adalah ibu kota dan kota terbesar di Mozambik yang terletak di tepiSamudera Hindia. Kurangnya sistem pembuangan sampah serta pengolahan limbah telah menciptakan tumpukan sampah, baik di jalan-jalan, sungai dan laut sebagai media tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.



Beberapa contoh limbah Gas yang mencemari lingkungan :


Baghdad.com
Baghdad adalah kota yang paling tercemar akibat perang yang sedang berlangsung. Ledakan-ledakan bom telah menghancurkan berbagai infrastruktur kota sehingga meningkatnya polusi di kota, akibatnya menurunnya kualitas air.




karchi.ad@
Karachi merupakan kota metropolitan dan pusat bisnis di Pakistan: Kota Karachi telah mempersiapkan sebagai kota besar dan industri diPakistan, namun di sisi lainpenyakit yang berhubungan dengan polusi di Karachi mencapai 35 persen!!! penyakit tersebut berupa penyakit jantung, paru-paru, THT, kulit, mata dan psikologis.

polutioncountri.com
Lagos merupakan ibukota Nigeria. Kota yang mempunyai jumlah penduduk sebesar 12 juta jiwa`sedang menghadapi masalah polusi udara yang sangat besar. Hal tersebut mengakibatkan kualitas udara di kota lagos menjadi buruk, yang dapat merusak paru-paru karena polusi udara yang tinggi.



mexico.com
Mexico City ibukota Meksiko terbersih dunia tapi dulu, sekarang menjadi kota yang paling kotor dalam dalam beberapa dekade saja!!! Jarak pandang rata-ratapada tahun 1940-an sekita 100 km, tapi sekarang menjadi sekitar 1,5 km!!!
Semua jenis polutan (udara) seperti nitrogen dioksida (NO2) telah melebihi 2-3 kali nilai ambang batas (NAB) standar internasional!!! Tingkat polutan ozon yangmelindungi kita dari radiasi matahari di atmosfer dua kali lebih tinggi dari batasmaksimum.
metronews.com
Linfen  adalah kota paling tercemar di muka bumi. Menurut The Green Daily, jika anda mencuci pakaian kemudian menjemurnya, maka belum sempat cucian anda  akan berubah menjadi hitam sebelum sempat mengering.
Terletak di kawasan pertambangan batubara China, menghabiskan satu hari di Linfen adalah setara dengan menghisap tiga bungkus rokok!. Sebanyak 3 juta orang yang dipengaruhi oleh batubara Linfen dan partikel polusi, yang merupakan residu dari emisi mobil dan industri.

Nigerianews@com
Dengan lebih dari 6.800 kali tumpahan minyak, yang berjumlah 300 tumpahan pertahun, atau kurang lebih satu tumpahan sehari, dan 9 juta hingga 13 juta barel minyak tumpah lebih dari 50 tahun, Delta Niger tentulah menjadi salah satu lokasi paling  tercema minyak di planet ini.
9 juta hingga 13 juta barel minyak telah tumpah ke dalam lahan basah terbesar ketiga di planet ini. Bandingkan,  Amerika Serikat mengimpor minyak 8 persen dari Nigeria, jumlah hanya  setengah dari minyak yang tumpah di Delata Niger!.
Karena pipa terus menerus pecah dan keberadaan minyak mencemari delta dan sungai, mangrove  dan satwa liar pun menghilang. Shell menyatakan bahwa 90% dari tumpahan disebabkan oleh pencuri militan yang mengakses jaringan pipa untuk mencuri minyak.

Exited.com
Industri pertambangan dan peleburan Logam telah mengkontaminasi La Oroya, Peru. Lebih dari 35.000 warga La Oroya telah terdampak oleh timbal, seng, tembaga dan polusi belerang dioksida dari pertambangan logam dan limbah perusahaan. Menurut Majalah Time, 99 % anak-anak di kota pertambangan memiliki kadar darah yang melampaui  ambang batas normal. Sejak 1922, kota di Pegunungan Andes Peru ini telah tercemar oleh industri  pertambangan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar