Jumat, 13 April 2012


Kota dengan Perencanaan Kota Terbaik

Berikut adalah beberapa kota yang paling terencana di seluruh dunia untuk dapat dikunjungi sebagai tujuan wisata kota.


Gothenburg - Swedia

Description: http://i54.tinypic.com/2qwza5t.jpg
Gothenburg merupakan salah satu kota di Swedia, di dekat dengan Stockholm, berpenduduk lebih dari 900.000 jiwa dan desain yang hampir sama dengan Belanda. Dibangun oleh arsitek Belanda kota di abad ke-17 di Amsterdam, Goteborg berlokasi sangat strategis antara Denmark dan Norwegia. Kota kata ini sangat indah untuk dapat dikunjungi, meskipun banyak landmark bersejarah di distrik Haga telah dibangun selama ini.

Wahington D.C - Amerika Serikat

Description: http://i55.tinypic.com/wlvin7.jpg
Walaupun ibukota Amerika Serikat tak pernah lepas dari masalah sosial, jantung kota ini merupakan sebuah keajaiban. Merupakan kota yang sangat rapi mulai dari Tony Georgetown ke Smithsonian museum yang segaris dengan Nasional Mall.

Canberra - Australia

Description: http://i51.tinypic.com/2rzfno7.jpg
Kota lain yang dibangun dengan perencanaan yang tepat adalah Canberra, berlokasi antara Sydney dan Melbourne pada awal abad ke 20 dengan denah hasil kompetisi global hasil kemenangan arsitek Amerika,Walter Burley Griffin. Kurang dari satu abad kemudian, Canberra bersinar sebagai salah satu ibukota berestetika di dunia.

La Plata - Argentina

Description: http://i54.tinypic.com/2aflic7.jpg

Merupakan kota terencana yang terletak di Amerika Selatan, hasil ekspansi kolonial akhir abad. La Plata adalah kota lain setelah Spanyol dari hegemoni atas Argentina yang telah berakhir. Sengaja dibangun untuk menggantikan Buenos Aires sebagai ibukota provinsi, La Plata dirancang oleh perencana perkotaan Pedro Benoit. Known dari tahun 1952 sampai 1955 sebagai Eva Perón City, La Plata memiliki katedral terbesar di Amerika dan yang paling tak kalah pentingnya adalah sebuah opera house yang sangat besar di Teater Argentino.

Belo Horizonte - Brazil

Description: http://i55.tinypic.com/2i27y46.jpg

Merupakan kota metropolitan dengan penduduk lebih dari 6 juta orang, Belo Horizonte berperingkat hanya di belakang Rio de Janeiro dan Sao Paulo di Brasil. Ibukota negara bagian São Paulo sangatlah indah, terinspirasi oleh perencanaan kota Washington DC dan memiliki arsitektur – arsitektur yang menarik di sudut – sudut kota ini.

Meknes - Maroko

Description: http://i56.tinypic.com/25sv9za.jpg
Meknes tak hanya merupakan kota bersejarah yang ditetapkan UNESCO tapi juga kota warisan dunia sebagai mantan ibukota Maroko. Dibangun akhir abad ke-18, Meknes adalah hasil rancangan yang nyaris sempurna. Meknes mengadopsi gaya kota di Spanyol dan dihuni oleh sekitar 950 ribu orang.

Jaipur - india

Description: http://i53.tinypic.com/2q387e9.jpg
Jaipur sebagai ibukota Rajasthan dikenal di seluruh dunia sebagai "Pink City", merupakan tempat tinggal lebih dari 3 juta orang. Salah satu tujuan wisata populer di India selain Hawa Mahal, Amber Fort dan Naharghar Fort, Jaipur dibangun pada perintah Maharaja Sawai Jai Singh II pada awal abad 18. Rencana dan pembangunan kota ini hasil dari Vastu Shastra.

Brasilia - brazil

Description: http://i51.tinypic.com/2r3igif.jpg
Brasilia sebagai ibu kota Brasil adalah contoh kota modern. Hasil dari kecemerlangan dan kontroversial yang berkolaborasi antara Lucio Costa dan Oscar Niemeyer, yang terpenting adalah Brasilia Guinea dalam rencana pembangunannya mengambil inspirasi dari hal yang mungkin tidak diketahui oleh setiap orang. Brasilia adalah salah satu kota yang ditetapkan sebagai kota warisan dunia oleh 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar