Sabtu, 14 April 2012


Siasati Lahan Kecil dengan Vertical Garden
detail berita
Foto: Vertical Garden/ inhabitat.com
JAKARTA - Jenis hunian kian beragam lantaran menyiasati semakin sempitnya lahan yang ada. Oleh sebab itu, tidak jarang orang yang enggan menyisihkan sedikit lahan untuk ditumbuhi tanaman.

Namun, lahan sempit bukan lagi alasan untuk tidak memiliki kebun di rumah Anda. Karena ada satu solusi untuk menghadirkan keasrian pada tempat tinggal Anda, yakni dengan vertical garden.

Perlu Anda ketahui, vertical garden saat ini sangat popular tidak hanya sebagai taman vertikal di luar rumah, tetapi juga sebagai dekorasi dan penyekat dinding.

Dengan pengisian vertical garden dengan tanaman yang cantik dan beraneka warna akan membuat dinding semakin menawan walaupun taman yang dibuat dengan ukuran kecil. Demikian seperti dikutip dari situs arsitektur, Khedanta, Selasa (17/1/2012).

Vertical garden sendiri adalah konsep yang sedang tumbuh dan semakin populer berdasarkan ilmu ekologi. Konsep ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pelaksanan hidroponik yang dilakukan dengan cara membuat tanah berdiri pada sebuah dinding dan menjadi tempat berdirinya bagi akar tanaman yang akan memenuhi pertumbuhan tanaman selama berada di dinding vertikal sebagaimana layaknya tanaman yang tumbuh di tanah secara mendatar.

Anda dapat membuat sendiri vertical garden dengan kreasi sendiri, di samping mengubah dinding rumah yang kelihatan membosankan, dan mendapatkan keasrian. Maka dengan membuat kreasi tanaman pada posisi vertical, maka dinding rumah akan kelihatan menjadi taman mewah.

Tidak hanya tanaman hias saja, Anda juga dapat menanam sayuran maupun buah yang dapat dijadikan sebagai makanan. Memang secara umum proses pembuatan vertical garden memerlukan biaya dan butuh kerja keras untuk merawat dan memeliharanya.

Tetapi, Anda dapat membuatnya dengan bentuk sederhana sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Bentuk dan sistem pembuatan vertical garden dapat dibuat dalam berbagai macam tergantung kepada penempatan, luas area dan bahan yang akan digunakan.
Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar